Kamis, 22 September 2016

Hello From Bojonegoro

Halo, saya akan bercerita tentang daerah asal saya.  Daerah asal saya adalah Bojonegoro. Gak tau Bojonegoro? Dimana sih Bojonegoro? Ya, Bojonegoro adalah kota kecil yang berada di provinsi Jawa timur. Bojonegoro berbatasan dengan blora,Jawa tengah. Mungkin Bojonegoro tidak sebesar kota lainnya dan juga tak seramai dan semetropolitan kota lainnya. Bojonegoro adalah kota kecil yang mulai berkembang pesat. Di bojonegoro belum ada mall besar atau hiburan yang lainnya. Tetapi kota ini sangat nyaman untuk di tinggali karena kota ini nyaman, tingkat kriminalnya pun masih rendah, tentram dan orang disnisangat ramah. Meskipun kecil bojonegoro mempunyai lading penghasilan yang besar yaitu minyak bumi. Bojonegoro terkeal oleh minyak buminya. Bojonegoro mulai terkenal dengan prestasi prestasinya bukan nlagi terkenal karna banjir. Dahulu Bojonegoro terkenal sekali dengan banjir yang selalu menghiasi layar kaca telivisi Indonesia. Sekarang banjir sudah jarang terjadi di Bojonegoro. Karna pemerintah Bojonegoro sudah melakukan berbagai macam cara agar tidak terjadi banjir lagi.
Makanan khas Bojonegoro yang terkenal adalah ledre. Ledre berbentuk seperti astor atau egg roll tapi ledre mempunyai teksur lebih tipis dan mudah patah daripada astor. Ledre terbuat dari pisang dan sangat enak rasanya. Gethuk lidri juga berasal dari Bojonegoro, gethuk yang mempunyai 3 warna sekaligus dalam satu buah inimempunya rasa yang sangat enak. Sekarang penjualan gethuk lindri di Bojonegoro sudah mulai susah ditemukan. Bojonegoro juga mempunya budaya yang beragam. Bojonegoro mempunyai sebuah suku yang berada di daerah desa Margomulyo di dekat hutan jati dengan nama suku samin. Suku samin ini yang dulunya mengisolasi diri dikarenakan penjajahan Belanda. Mereka menentang Belanda dengan tidak mau membayar pajak, dan menolak segala perintah kolonial belanda dahulu dengan pemimpin mereka bernama Samin Surosentiko. Suku samin di Bojonegoro jumlahnya semakin sedikit. Orang menilai suku samin adalah suku yang sangat lugu, tidak mau mencuri, tidak mau melakukan kejahatan kejahatanyang melanggar normal dan juga mereka tidak mau membayar pajak. Tarian khas bojonegoro ada wayang thengul dan juga meliwis putih.
Tempat wisata di Bojonegoro sangat banyak tetapi kurangnya perawatan mengakibatkan wisata di Bojonegoro kurang diminati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar