Kamis, 22 September 2016

Deskripsi Fakultas Kedokteran


Fakultas Kedokteran (FK) UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) merupakan Fakultas Kedokteran swasta pertama di kota Malang, Jawa Timur.  Program Pendidikan Dokter didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas fasilitas pelayanan kesehatan yang masih belum merata di Indonesia. Menyongsong era yang penuh dinamika ini, diharapkan sumbangan Program Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang berhasil mencetak dokter yang professional berlandaskan ilmu pengetahuan dan keprofesian serta etik kedokteran yang Islami. Dengan berbagai fasilitas, sistem layanan akademik dan kemahasiswaan, serta nuansa keIslaman, Insya Allah mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam suasana belajar yang kondusif  dan menyenangkan.
Program Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang mendapatkan ijin pendirian tertanggal 25 September 2001 dengan Nomor : 3079/D/T/2001. Program Pendidikan Dokter UMM adalah pendidikan akademik-professional, merupakan suatu kesatuan utuh yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan keprofesian, serta etik kedokteran Islam yang kokoh. Bentuk pengalaman belajar bagi peserta didik adalah berupa pengalaman belajar lapangan.

Visi FK UMM :
Menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industri dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa.
Misi FK UMM :
  • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang kedokteran profesional islami dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang kedokteran keluarga dan kedokteran industri
  • Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan daya saing bangsa
  • Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah
  • Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan tehnologi kedokteran dan kelembagaan dengan berbagai pihak.
Pendidikan di FK UMM dirancang secara profesional selama sebelas semester (lima setengah tahun) yang terbagi dalam dua proses pendidikan, yaitu; Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester; dan  Pendidikan Profesi selama empat semester.Pelaksanaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigma baru pembelajaran Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Research Based Learning (RBL). Sedangkan pendidikan profesi berlangsung dengan sistem kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Dokter Keluarga dan Industri.
Untuk menambah kapasitas kualitasnya, mahasiswa FK diwajibkan mengikuti program English for Specific Purpose (ESP), pelatihan Emergency Trauma Life Support (ETLS) dan Clinical Skills Refreshment (CSR) sebelum memasuki program profesi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar